(rumah sketchup,jasa desain rumah,desain rumah american style,jasa arsitek rumah,jasa desain interior murah,jasa desain rumah minimalis,gardenweb home decorating,floor decor near me,home decor business,best interior designers,transitional interior design style,floor decorations, home office designs )

Jenis dan Biaya Lantai Kayu untuk Mempercantik Rumah Anda

Lantai kayu merupakan pilihan lantai yang indah dan elegan. Kehangatan alami yang ditawarkannya menjadikannya sebagai pilihan klasik yang tak pernah lekang oleh waktu. Selain itu, kayu juga merupakan bahan yang sangat tahan lama dan cocok digunakan sebagai bahan lantai, terutama kayu keras. Jika Anda sedang merencanakan untuk menggunakan lantai kayu pada ruangan di rumah Anda, artikel ini akan membantu Anda menemukan jenis lantai kayu yang sesuai dengan gaya hidup dan anggaran Anda.

Jenis dan Biaya Lantai Kayu untuk Mempercantik Rumah Anda

Apa itu Lantai Kayu?

Lantai kayu, juga dikenal sebagai kayu padat, berasal dari kayu yang memiliki kerapatan tinggi dan tumbuh secara perlahan. Keindahan alami dari kayu dan warnanya yang indah membuatnya menjadi pilihan yang sangat populer untuk digunakan sebagai bahan lantai. Kayu keras terbukti memiliki ketahanan yang sangat baik, sehingga cocok digunakan untuk bahan furniture dan lantai. 

Di sisi lain, kayu lunak memiliki kerapatan yang lebih rendah dan ringan, sehingga tidak sekuat kayu keras. Namun, secara visual, kayu keras dan kayu lunak seringkali sulit dibedakan, oleh karena itu, disarankan untuk bekerja dengan seorang desainer interior untuk membuat pilihan yang tepat.

Jenis-Jenis Lantai Kayu

Memilih jenis lantai kayu yang tepat untuk ruangan Anda mungkin menjadi tugas yang membingunkan. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa jenis lantai kayu beserta fitur inti dan harga rata-rata per meter persegi. Harga lantai kayu berkisar antara Rp550 hingga Rp5.000 per meter persegi.

Oak

Oak merupakan salah satu jenis kayu keras yang paling indah dan populer untuk digunakan sebagai bahan lantai. Keunikan pola dan warnanya yang khas akan memberikan sentuhan elegan pada rumah Anda. Selain itu, oak sangat stabil dalam berbagai kondisi cuaca dan tersedia dalam berbagai warna alami. Lantai oak yang di-finishing dengan baik mampu menahan lalu lintas yang padat dan tahan goresan. Harga rata-rata per meter persegi untuk lantai oak adalah Rp750.000..

Lantai kayu ek adalah jenis lantai kayu keras yang menawarkan ketahanan tinggi terhadap goresan
Lantai kayu ek menawarkan estetika kelas atas

Maple

Sama seperti oak, maple juga merupakan kayu keras yang sangat tahan lama yang tidak mudah rusak dan akan tetap kuat selama beberapa generasi. Anda akan melihat lebih banyak keseragaman warna di lantai maple dibandingkan dengan beberapa opsi lantai kayu keras lainnya. Warnanya yang terang menciptakan tampilan luas yang ramping menjadikannya favorit panas di interior rumah modern. Harga rata-rata per kaki persegi untuk lantai maple adalah Rp 600.

Lantai kayu maple tidak cepat rusak dan akan tetap kuat selama beberapa generasi
Lantai kayu maple memberi ruangan tampilan yang bersih

Bambu

Kayu keras yang sangat menarik, bambu adalah pilihan lantai yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Ini menjanjikan tampilan kontemporer yang bersih dan mudah dirawat. Seperti semua kayu keras lainnya, ini juga tahan lama. Tapi itu mudah tergores yang berarti Anda akan sering memolesnya untuk menghilangkan goresan. Kontra lain dari menggunakan bambu untuk lantai adalah menyerap kelembapan dengan sangat cepat, sehingga tidak dapat digunakan tanpa cat anti air. Harga rata-rata per kaki persegi untuk lantai bambu adalah Rp 400.

Kayu keras bambu dengan pola memberikan tampilan kontemporer yang bersih
Buat pola yang menarik dengan kayu keras bambu

Mahoni

Mahoni adalah pilihan terbaik saat Anda ingin memberikan sentuhan pedesaan pada rumah Anda. Warna coklat kemerahannya yang kaya menambah karakter dan membuat ruangan terlihat mewah. Ini memiliki banyak keunggulan – daya tahan tinggi, stabilitas, tahan gores, tahan air, dan tekstur yang indah. Namun kekerasannya yang ekstrim membuatnya sulit untuk dipotong yang membuat biaya tenaga kerja untuk memasangnya menjadi sangat mahal. Harga rata-rata per kaki persegi untuk lantai kayu mahoni adalah Rp 1.200.

Lantai mahoni adalah jenis lantai kayu keras lainnya yang memiliki daya tahan tinggi, tahan gores, dan tahan air
Kayu keras mahoni membuat furnitur Anda menonjol

Hickory

Ini adalah salah satu kayu keras yang akan memberi rumah Anda nilai jual kembali yang tinggi karena penampilannya yang khas dan stabilitasnya yang tinggi dalam cuaca lembab. Ini juga memiliki ketahanan yang tinggi terhadap air serta goresan sehingga Anda akan menghabiskan sedikit waktu untuk perawatannya. Baik itu lalu lintas pejalan kaki yang tinggi atau hewan peliharaan yang mengorek lantai – hickory dapat mengambil semuanya! Tapi seperti mahoni, hickory juga membutuhkan banyak usaha untuk memotong dan memasangnya. Harga rata-rata per kaki persegi untuk lantai hickory adalah Rp 800.

Lantai kayu hickory
Warna tidak rata dan butiran lurus menandakan Hickory

Akasia

Akasia merupakan salah satu kayu keras yang tidak mudah rusak. Warnanya yang cokelat tua dan butiran yang jelas dengan indah menyembunyikan tanda-tanda keausan sehari-hari dan memberi lantai Anda tampilan yang sangat eksotis. Yang membedakannya dari jenis pilihan lantai kayu lainnya adalah tahan terhadap api. Akasia adalah pilihan yang berkelanjutan dan lebih tahan lama daripada semua kayu keras yang disebutkan di atas. Bahkan tahan terhadap pertumbuhan jamur dan jamur. Harga rata-rata per kaki persegi untuk lantai akasia lebih mahal daripada kayu ek atau maple seharga  800.

Lantai kayu akasia coklat untuk tata ruang dapur terbuka sekaligus ruang tamu
Lantai kayu keras akasia dengan noda coklat bertekstur kaya

Mengapa Kayu Keras Digunakan Untuk Lantai?

Ada beberapa alasan mengapa kayu keras sangat dicari dalam hal lantai. Berikut adalah daftar lengkap alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan lantai kayu keras untuk rumah Anda:

Estetika: Lantai kayu keras segera meningkatkan daya tarik visual sebuah ruangan. Mereka memberi rumah Anda nuansa premium yang tidak pernah ketinggalan zaman.

Keserbagunaan: Karena tampilannya yang alami, kayu keras dapat dengan mudah digunakan di sebagian besar area rumah Anda. Berbagai jenis tekstur, biji-bijian, hasil akhir, dan noda kayu keras memungkinkan Anda untuk mengeksekusi desain interior modern dan tradisional. 

Insulasi panas: Lantai kayu keras tidak hanya membuat ruangan terlihat hangat dan nyaman tetapi juga menahan kehangatan. Massa termalnya yang tinggi memungkinkannya menyerap panas yang meningkatkan sirkulasi panas di rumah Anda. 

Perawatan: Salah satu hal terbaik tentang lantai kayu keras adalah perawatannya tidak membutuhkan terlalu banyak usaha. Jika ada noda atau tumpahan, dapat dibersihkan dengan sangat mudah – cukup bersihkan!

Tahan lama: Karena kekuatan dan keberlanjutannya yang tinggi, lantai kayu keras akan bertahan selama beberapa dekade mendatang. Mereka juga dapat diperbaiki setiap 8-10 tahun untuk tampilan yang lebih segar dan umur yang lebih panjang.

Akustik: Kayu keras yang sangat padat menyerap suara dan mendistribusikannya secara merata ke seluruh ruangan. Ini juga berfungsi sebagai akustik yang bagus dengan menghentikan suara agar tidak keluar dari ruangan. 

Nilai jual kembali yang lebih baik: Bukan karena Anda mungkin perlu melakukannya, tetapi lantai kayu keras akan meningkatkan nilai properti Anda saat Anda mencoba menjualnya di masa mendatang.

Poin Yang Perlu Diingat Tentang Lantai Kayu Keras

Meskipun kayu keras adalah pilihan yang bagus untuk lantai karena alami dan kuat, kayu keras juga memiliki kelemahan tertentu. Kami telah melihat manfaat menggunakan lantai kayu keras, sekarang mari kita lihat kerugiannya:

Harga: Lantai kayu keras jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan laminasi atau ubin. Jadi menambahkan lantai kayu keras ke seluruh rumah bisa menjadi urusan yang mahal. Jika anggaran Anda terbatas, kami merekomendasikan lantai kayu keras hanya untuk kamar tidur dan ruang keluarga agar ruangan terlihat mewah dan menarik. Tidak masuk akal untuk menggunakannya di area seperti dapur atau kamar mandi karena rentan terhadap kelembapan dan dapat memburuk yang tidak membenarkan harga lantai kayu keras yang tinggi.

Kebisingan: Lantai kayu keras yang baru dipasang terlihat memukau. Tapi setelah penggunaan reguler, mereka akan mulai melengking yang bisa merugikan. Ketika kayu keras mengembang karena perubahan kondisi cuaca, papan mulai bergesekan satu sama lain menyebabkan suara yang tidak menyenangkan. 

Kerusakan air: Lantai kayu keras yang dipoles tahan air. Tapi tumpahan air yang berlebihan atau air yang bocor di sela-sela papan merupakan penyebab utama kekhawatiran. Lantai kayu dapat dibersihkan dengan cara disapu dengan kain pel kering atau penyedot debu. Menggunakan pel basah adalah larangan besar karena dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki. 

Rawan serangan rayap: Tantangan terbesar pemilik rumah dengan lantai kayu adalah serangan rayap. Seringkali, infestasi berjalan terlalu jauh sebelum pemilik rumah dapat mengidentifikasinya. Lantai kayu keras yang telah diserang rayap mulai berderit saat Anda melewatinya. Satu-satunya cara untuk menghilangkan rayap di lantai Anda adalah dengan mengganti lantai yang harganya mahal. Inilah mengapa sangat penting untuk memilih lantai kayu keras yang tepat dengan bantuan desainer interior yang berpengalaman.

Opsi Finishing Kayu Keras

Jika Anda ingin lantai kayu keras Anda bertahan lebih lama, maka harus dilapisi dengan lapisan pelindung semir lantai kayu keras. Lantai kayu keras yang telah selesai dengan baik tidak hanya meningkatkan tampilan rumah Anda, tetapi juga memastikannya tidak terlalu rentan terhadap keausan sehari-hari, goresan, penyok, kerusakan air, dan warna memudar seiring waktu. Di area dengan lalu lintas tinggi seperti dapur, Anda tidak dapat memasang lantai kayu keras yang belum selesai karena dapat dengan cepat menjadi lemah. 

Anda dapat menggunakan kayu keras yang sudah jadi atau yang sudah jadi di lokasi berdasarkan pilihan pribadi Anda. Seperti namanya, kayu keras yang sudah jadi sudah dilapisi dengan lapisan pelindung dan Anda bisa langsung menggunakannya untuk lantai. Di sisi lain, kayu keras yang sudah jadi di lokasi akan mentah dan akan selesai di rumah Anda setelah pemasangan selesai.

Pilihan finishing kayu keras untuk rumah Anda
Dapur pedesaan abu-abu dengan lantai kayu keras

Pengkilat Lantai Kayu Keras Terbaik Untuk Rumah Anda

Poles yang berbeda memberikan hasil akhir yang berbeda pada kayu keras Anda. Kami telah menguraikan di bawah ini tiga yang paling populer untuk memudahkan Anda menyelesaikan semir lantai kayu keras terbaik untuk rumah Anda.

Lapisan minyak: Lapisan berbahan dasar minyak adalah lapisan pelindung paling umum dan terbaik untuk lantai kayu keras Anda. Ya, butuh waktu lebih lama untuk mengering tetapi memberikan warna berkilau dan tampilan halus pada lantai kayu keras Anda. Selain itu, harganya lebih murah daripada opsi finishing lainnya dan membutuhkan sedikit perawatan, menjadikannya pilihan ideal untuk rumah dengan lalu lintas pejalan kaki yang tinggi.

Wax finish: Pilihan finishing ini telah digunakan selama berabad-abad dan memberikan tampilan matte pada lantai. Ini memungkinkan keindahan kayu terpancar. Bahkan satu lapisan pelapis lilin dapat membuat lantai kayu keras menjadi sangat tahan air. Kelemahan dari semir ini adalah membutuhkan perawatan rutin agar lantai tetap terlihat segar.

Hasil akhir berbahan dasar air: Hasil akhir berbahan dasar air menjanjikan tampilan yang jelas yang memastikan warna alami kayu keras tidak berubah. Tapi ini berarti setiap cacat atau kekurangan juga akan terlihat jelas. Alasan mengapa pelapis berbahan dasar air sangat populer adalah karena pelapis ini cepat kering dan memastikan daya tahannya. Meskipun ramah lingkungan, mereka adalah yang paling mahal dari ketiganya.

Lantai kayu tidak dapat disangkal terlihat cantik dan memberi rumah Anda suasana alami yang otentik. Mereka dapat digunakan di sebagian besar area rumah kecuali area dengan kelembapan tinggi dan genangan air.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak